BKKMTKI atau “Badan Koordinasi Kegiatan Mahasiswa Teknik Kimia Indonesia” adalah suatu wadah bagi mahasiswa teknik kimia seluruh Indonesia untuk berkarya. Suatu organisasi yang besar, mengingat skala cakupannya berada pada tingkat nasional. Untuk mencapai tingkatan tersebut, BKKMTKI telah melalui perjalanan yang cukup panjang. Berikut adalah penuturannya.

Berdirinya BKKMTKI pada awalnya didasari oleh ide dari beberapa mahasiswa teknik kimia di Indonesia. Ide tersebut adalah :

  1. Untuk meningkatkan mutu teknik kimia, baik dari segi akademis maupun sumber daya
  2. Mencari wadah komunikasi dan informasi bagi mahasiswa teknik kimia
  3. Untuk menghilangkan sifat almamaterisme

Atas dasar tersebut, maka tercetuslah untuk mendirikan suatu wadah yang mampu mewujudkan ide-ide diatas. Namun, belum terpikir untuk membentuk suatu badan bernama BKKMTKI. Sebagai langkah awal, beberapa mahasiswa teknik kimia dari berbagai institusi antara lain UGM, ITB, UNDIP, ITS, USU, UNSRI, dan UMJ merasa terpanggil untuk membentuk wadah komunikasi mahasiswa teknik kimia se-Indonesia. Maka dimulailah langkah-langkah pembentukan organisasi tersebut.

  • Tanggal 2-4 Juli 1985, pertemuan di Yogyakarta bertepatan dengan konvensi BKKPII diperoleh kesepakatan untuk membentuk wadah komunikasi mahasiswa kimia.
  • Tanggal 4 November 1985, diadakan pertemuan di Bandung guna mematangkan ide pembentukan wadah tersebut.
  • Tanggal 12 Maret 1986, pertemuan di Semarang dan diperoleh kesepakatan nama wadah adalah Badan Koordinasi Kegiatan Mahasiswa Teknik Kimia Indonesia yang disingkat BKKMTKI.
  • Tanggal 24-26 September 1987, pertemuan di Palembang dihasilkan program kerja sekaligus penempatan berdirinya BKKMTKI tanggal 26 September 1987.
  • Tanggal 10-12 November 1989, di Surabaya diputuskan dan ditetapkan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga BKKMTKI.
  • Tanggal 18 April 1994, keluar legalitas dari DIKTI dengan penetapan BKKMTKI sebagai satu-satunya organisasi antar senat mahasiswa sejenis bidang teknik kimia dengan keputusan Dirjen Dikti No.101/DIKTI/Kep/1994.

Dari uraian diatas, secara resmi BKKMTKI lahir pada tanggal 26 September 1987. Usia organisasi ini memasuki tahap dewasa, untuk suatu organisasi berskala nasional. Organisasi ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, dibutuhkan tangan-tangan terampil mahasiswa untuk mengembangkannya agar menjadi suatu organisasi terdepan yang mampu mendedikasikan dirinya bagi masyarakat Indonesia.

Sebagai salah satu wadah inspirasi mahasiswa di Indonesia, BKKMTKI juga memiliki tujuan-tujuan yang mulia, seperti yang tercantum dalam Anggaran Dasar BKKMTKI antara lain dijelaskan bahwa tujuan BKKMTKI adalah untuk mewujudkan mahasiswa teknik kimia yang bertaqwa kepada Tuham YME yang dipersiapkan sebagai tenaga profesional penggerak pembangunan menuju masyarakat adil dan makmur serta untuk mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka BKKMTKI dituntut mampu memberikan kontribusi positif dalam rangka pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi khususnya dalam bidang keilmuan teknik kimia dalam kaitannya memecahkan permasalahan bangsa ini.

Dalam rangka mencapai tujuan BKKMTKI memiliki bentuk kegiatan seperti pengembangan organisasi, kegiatan pengembangan ilmu pengetahuan, arah profesi dan pengabdian masyarakat.Sesuai dengan tujuan tersebut maka diharapkan kegiatan yang dilaksanakan baik pusat maupun daerah yang secara langsung maupun tidak langsung memberikan sumbangan pemikiran dari mahasiswa sebagai insan akademis bagi bangsa dan negara ini.

0 thoughts on “Sejarah BKKMTKI”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *